Senin, 29 April 2013

Join Nutrition be The Best




Pendahuluan
Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu adalah unit pelaksana teknis Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) kesehatan. Salah satu jenjang pendidikan yang diselenggarakan adalah DIII Jurusan Gizi. Pada tanggal 1 Juli 2004 telah dibuka program studi gizi dengan SK Menteri Kesehatan RI Nomor: HK. 00.06.1.4.2.02226. Sejak tanggal 2 Agustus 2007 berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI  No.890/MENKES/VIII/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Poltekkes RI nama Program Studi Gizi diganti menjadi Jurusan Gizi.
Dewasa ini jurusan gizi Poltekkes Kemenkes Bengkulu telah mendidik dan meluluskan lebih dari 265 ahli gizi yang bekerja dan tersebar di seluruh daerah Bengkulu baik di pemerintahan maupun diswasta sebagai Konsultan Gizi Rumah Sakit, Puskesmas, Instruktur Laboratorium di Institusi pendidikan, Pelaksana Gizi di Puskesmas/ Dinas Kesehatan, pengusaha catering Makanan/diet, Pelaksana Gizi di Perusahaan Makanan/Minuman.


Tujuan Program Pendidikan
Program pendidikan ini didirikan guna meningkatkan profesionalisme peserta didik yang unggul, inovatif dan kompetitif  sehingga mempunyai kemampuan dan semangat pengabdian yang tinggi dalam bidang gizi sebagai:
  1. Penyuluh, Pelatih dan Konsultan Gizi
  2. Pelaksana Asuhan Gizi Klinik
  3. Pelaksana Penyelenggara Makanan Institusi
  4. Pelaksana Asuhan Gizi Komunitas


Fasilitas Pendidikan
Fasilitas pendukung yang dimililki Jurusan Gizi meliputi ruang kelas dilengkapi dengan peralatan AVA, Lab Bahasa, Lab Komputer, akses internet dan hot spot, perpustakaan, laboratorium biokimia, Mikrobiologi, laboratorium diit dan kuliner, laboratorium ilmu teknologi pangan (ITP), dan Ilmu Bahan Makanan (IBM).


Proses Pendidikan
Proses pendidikan dilaksanakan dengan menempuh 118 – 120 SKS dalam waktu 6 – 10 Semester (3 – 5 tahun). Metode Pendidikan disampaikan dalam bentuk perkuliahan di kelas, di Laboratorium dan dilahan praktek (magang) yang digunakan adalah Rumah Sakit Pemerintah, Hotel/ Kebugaran dan Panti Sosial, Asrama dan Pusat Latihan, Industri, Jasa Boga, Perusahaan Makanan/Minuman, Dinas Kesehatan dan Puskesmas.
Pada akhir pendidikan mahasiswa menyusun dan menyajikan karya tullis ilmiah dan berhak memperoleh gelar Akademik dengan predikat Ahli Madya Kesehatan bidang Gizi dan berhak mengikuti ujian kompetensi sebagai Technician Dietcian.

Peluang Kerja
Lulusan Jurusan Gizi banyak terserap dibidang kesehatan dan bidang pangan baik pemerintah maupun swasta seperti: Rumah Sakit, Puskesmas, PNS dan TNI/ POLRI. Lulusan D III Gizi bertugas sebagai Ahli Gizi di Rumah Sakit, Konsultan Gizi, Instruktur Laboratorium di Institusi pendidikan, Pelaksana Gizi di Puskesmas/ Dinas Kesehatan, pengusaha catering Makanan/diet, Pelaksana Gizi di Perusahaan Makanan/Minuman.
Pendidikan Lanjut
Lulusan D III Gizi Poltekkes Kemenkes Bengkulu dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu D IV atau S1 Gizi, S1 Kesehatan Masyarakat dan S1 Teknologi Pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar